CHARACTER THINKING
Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengetahui teknik
membuat animasi Thinking.
2. Mahasiswa membuat animasi seperti berikut.
Alat dan Bahan
1. Pc atau laptop
2. Software pencil2D
3. Wacom intuos3
Dasar Teori
Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi
tersebut
1. Pose
to pose
Pose to pose
merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan
animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose
berikutnya.
2. Timing
dan Spacing
Timing
adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan yang akan dilakukan. dan spacing
adalah pengaturan tentang berapa lama waktu yang dipakai pada sebuah gerakan.
Berikut ini
macam macam timing pada bola :
3. Solid
drawing
Kemampuan
menggambar yang stabil dan memahami perspektif sangat diperlukan karena
diharuskan untuk menggambar tokoh dalam segala sudut secara berulang-ulang.
4.
Anticipation
Anticipation
adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum
melakukan gerakan yang dimaksud.
Langkah
Percobaan
1. Buka
software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
2. Pada
pencil 2D, pilih pencil tool untuk memulai menggambar.
3. Ubah
FPS menjadi 24.
4. Klik
dua kali pada bitmap layer sebagai kertas untuk menggambar.
5. Kemudian
gunakan add frame(+) untuk menambah layer.
6. Gambar
objek per frame sampai gerakannya terlihat seperti nyata.
7. Untuk
mengujinya klik loop kemudian klik tombol play. Jika terdapat bayangan saat
menguji, silahkan tekan onion skin previous frame atau onion skin next frame
untuk menghilangkan bayangan tersebut.
8. Untuk
mengekspor ke dalam format FlashSWF, Klik menu Export
file > FlashSWF> OK
Hasil Percobaan
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar