Senin, 29 September 2014

Cara Membuat Head Turn

CARA MEMBUAT HEAD TURN



Alat dan Bahan

  • Laptop atau MAC
  • Wacom
  • Aplikasi Pencil2D

TUJUAN

  1. Mahasiswa dapat memahami dasar dasar animasi 2D
  2. Mahasiswa dapat membuat animasi 2D
  3. Mahasiswa dapat membbuat animasi Head Turn (menoleh) 
DASAR TEORI

Seperti praktikum yang sebelumnya, dasar teori yang digunakan untuk membuat Animasi Head Turn adalah sebagai berikut : 


1. Pose to pose

Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.

2. Timing dan Spacing


Timing adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan yang akan dilakukan. dan spacing adalah pengaturan tentang berapa lama waktu yang dipakai pada sebuah gerakan.


Berikut ini macam macam timing pada bola :


3. Arcs

Arcs adalah pemberian unsur melengkung pada sebuah gerakan agar terlihat lebih natural dan realistik.

4. Solid Drawing

Kemampuan menggambar yang stabil dan memahami perspektif sangat diperlukan karena diharuskan untuk menggambar tokoh dalam segala sudut secara berulang-ulang.
Namun jika masih mengalami kesulitan dalam pembuatan animasi ini bisa dimulai dengan membuat gambar sederhana untuk kepala tanpa aksesoris seperti mata dan mulut. Setelah kepala sederhana dibuat, diperhatikan apakah sudah benar dan terlihat wajar. Langkah selanjutnya bisa dengan menambah aksesoris.

Seperti berikut : 
jika masih kesulitan, gunakan bentuk dan gerakan yang lebih sederhana lagi. misalkan fokus pada 3 gambar utama dalam kegiatan head turn seperti pada penjelasan berikut ini yang dicuplik dari buku “Animator’s Survival Kit”
LANGKAH PERCOBAAN


  1. Buka software Pencil 2D
  2. Ganti Nama Layer Bitmap menjadi Arcs dan buat lintasan arah kepala menoleh
  3. Tambah Layer Bitmap Baru
  4. Lalu gambar Bulatan kepala, gunakan aturan spacing dan Timing. Dengan mengikuti Arcs yang ada.
  5. Setelah kepala sederhana sudah dibuat, langkah selanjutnya dengan menambahkan mata dan mulut
  6. Aktifkan Looping dan matikan onion skin previous frame
  7. Lalu klik play

ANALISA
Pada praktikum ini banyak hal yang perlu di perhatikan, terutama pada spacing, timming, dan solid drawing.Pada animasi yang saya buat ini belum sempurna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar